Foto Berita
Realisasi Anggaran Desa Senga Selatan Tahun 2021

18 Februari 2022

Sebagai bentuk keterbukaan informasi dan transparansi anggaran, Pemerintah Desa Senga Selatan mempublikasikan realisasi anggaran tahun 2021 dalam bentuk baliho yang dipasang di halaman Kantor Desa Senga Selatan.


Infografis tesebut merupakan realisasi APBDDesa Senga Selatan berdasarkan Laporan Pertanggungjawaban Realisasi APBDesa Nomor 1 Tahun 2022 sebagai salah satu bentuk implementasi UU Nomor 14/2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.


Untuk diketahui, total anggaran yang dikelola Pemerintah Desa Senga Selatan pada Tahun 2021 sebanyak Rp 1.521.939.112 bersumber dari DD (APBN) 76%, ADD (Kabupaten) 22,25%, PBH 1,7% dan lain-lain pendapatan desa 0,05%.


Sementara untuk penggunaan anggaran sebesar 30,4% untuk penyelenggaraan pemerintah desa, 40,1% pelaksanaan pembangunan desa, 8,36% untuk pembinaan kemasyarakatan desa, dan 8% untuk penanggulangan bencana, darurat dan mendesak desa, serta 13,14% untuk pembiayaan desa (penyertaan modal kepada BUMDes).

Foto Berita
Pemkab. Luwu Upayakan Hadirnya Duta Digital

18 Februari 2022

Pemerintah Kabupaten Luwu mengupayakan hadirnya duta digital dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi sebagai pelopor desa cerdas melalui penerimaan duta digital 2022.


Duta Digital adalah Personil yang berkedudukan di kabupaten dan bertugas mendampingi pelaksanaan program Desa Cerdas di 4 – 6 desa lokasi program Desa Cerdas, Duta Digital bertugas melakukan koordinasi, sosialisasi dan advokasi serta melakukan pendampingan penyusunan rencana kerja dan implementasi pelaksanaan Pembangunan Desa Cerdas bersama Kader Digital di lokasi Program Desa Cerdas.


Duta Digital juga melakukan pendampingan dalam prioritas kegiatan peningkatan literasi digital dan program pemberdayaan digital melalui ruang komunitas digital desa termasuk diantaranya menjalin kemitraan dan inovasi desa sesuai dengan kebutuhan lokal desa.


Ditahun ini, Kabupaten Luwu memperoleh kuota sebanyak 4 orang, sehingga diharapkan putra-putri daerah dapat mengikuti seleksi ini dengan memenuhi persyaratan mengenai seleksi penerimaan duta digital 2022 dapat dilihat pada website https://rekrutmendutadigital.kemendesa.go.id/.

Foto Berita
Launching Buku Tamu & Anjungan Digital Desa Senga Selatan, Basmin: Tak Ada Kata Terlambat Untuk Transformasi

10 Februari 2022

Pemerintah Desa Senga Selatan melakukan launching buku tamu digital dan anjungan digital desa di aula rumah jabatan Bupati Luwu, Desa Pammanu, Kecamatan Belopa Utara, Rabu (09/02/2022).


Penjabat Kepala Desa Senga Selatan, Anwar Amir dalam laporannya menyampaikan bahwa program digital desa ini digagas oleh Kepala Desa Senga Selatan Periode 2019-2021, Andi Muhammad Arfan Basmin. 


"Desa Senga Selatan sendiri sudah menerapkan digitalisasi desa sejak Tahun 2020, diantaranya layanan aplikasi warga desa untuk pengurusan administrasi yang mana sangat membantu memudahkan masyarakat dalam memperoleh pelayanan," ungkap Anwar. 


Founder PT. Digides, Kasman Suherman dalam sambutannya menyampaikan sudah 500 desa di seluruh Indonesia yang menerapkan digital desa melalui Digides dan sekitar 5000 desa sudah bermohon untuk difasilitasi.


"Desa Senga Selatan merupakan desa yang pertama di Sulawesi Selatan yang melaunching Anjungan Digital Desa dan bersiap untuk inovasi-inovasi selanjutnya menuju smart village atau desa cerdas," tutup Kasman. 


Sementara itu, Bupati Luwu, Dr. H. Basmin Mattayang dalam sambutannya mengapresiasi langkah Pemerintah Desa Senga Selatan yang menerapkan digitalisasi desa dan berharap dapat disusul oleh desa-desa lain.


"Era globalisasi menuntut kita lebih jeli, lebih cerdas dan lebih inovatif dalam menghadapi fenomena-fenomena yang terjadi. Saya salut kepada Pemerintah Desa Senga Selatan yang mampu menjawab tantangan itu," tutup Basmin. 


Lebih lanjut Basmin mengatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Luwu telah mencanangkan internet desa yang akan direalisasikan pada tahun ini. Hal ini diharapkan dapat memacu desa untuk dapat terus berinovasi.


Usai melaunching, Basmin Mattayang bersama sejumlah kepala OPD mencoba penggunaan buku tamu digital yang telah terintegrasi dengan KTP, serta melakukan permintaan pelayanan administrasi melalui anjungan digital yang hasilnya dapat langsung tercetak.


Untuk diketahui saat ini Digides memiliki 6 fitur utama yaitu administrasi desa, pelayanan desa, perpajakan (PBB-P2), bantuan sosial, website profil desa, aplikasi android, Andi Smart, absensi dan buku tamu yang saling terintegrasi.


Turut hadir dalam kegiatan ini, Ketua Forum Kabupaten Sehat Kab.Luwu, Dr. Hj. Hayarna Basmin, Inspektur Daerah Kab. Luwu Andi Palanggi, Kepala DPMD H. Bustan, Kepala BPKD Moh. Arsal Arsyad serta sejumlah Kepala Desa dan tokoh masyarakat Desa Senga Selatan.

Foto Berita
Pemdes Senga Selatan Gelar Musdes Khusus Terkait Verifikasi dan Validasi Calon Penerima BLT

09 Februari 2022

Pemerintah Desa Senga Selatan, Kecamatan Belopa, Kabupaten Luwu, menggelar Musyawarah Desa Khusus terkait verifikasi dan validasi penetapan calon penerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) Tahun 2022, Selasa (08/02/2022).


Kegiatan yang berlangsung di Balai Pertemuan Desa Senga Selatan ini, dihadiri oleh Ketua dan Anggota BPD, Pendamping Desa, Babinsa, Bhabinkamtibmas, Aparat Desa, Kepala Dusun dan Tokoh Masyarakat.


Dalam sambutannya Pj. Kepala Desa Senga Selatan Anwar Amir menyampaikan bahwa di tahun 2022 ini sebagian masyarakat masih merasakan dampak dari  pandemi Covid-19, khususnya bagi keluarga kita yang kurang mampu.


Sehingga pemerintah pusat kata Anwar, masih tetap mengeluarkan kebijakan terkait penggunaan dan pengelolaan Dana Desa (DD) untuk dialokasikan bagi keluarga yang sangat terdampak Pandemi Covid melalui Bantuan Langsung Tunai.


"Program BLT ini merupakan bentuk perlindungan sosial pemerintah kepada masyarakat kurang mampu, termasuk yang sumber penghidupannya terdampak pandemi Covid-19. Dan berdasarkan aturan, setiap pemerintah desa termasuk Desa Senga Selatan ini harus mengalokasikan anggaran minimal 40 persen dari dana desanya untuk BLT," ucapnya.


Guna mengoptimalkan penyaluran BLT ini kata Anwar, maka hari ini  kita mengundang semua unsur untuk duduk bersama membahas siapa saja yang berhak menerima BLT.


"Dalam Musdes ini kita akan lakukan verifikasi dan validasi siapa saja warga yang berhak atau paling layak mendapatkan BLT tersebut dan tentunya sesuai dengan regulasi yang ditetapkan oleh pemerintah," ungkapnya.


Di akhir acara Musdes Khusus disepakati 121 penerima manfaat yang akan mendapatkan bantuan sebesar Rp 300 Ribu per bulan selama 12 bulan yang anggarannya bersumber dari Dana Desa Senga Selatan Tahun Anggaran 2022.


"Semoga BLT ini bisa membantu meringankan beban bagi keluarga penerima manfaat" ucap Anwar Amir. 


Anwar juga berpesan kepada warga agar tetap waspada dan selalu menjaga protokol kesehatan Covid-19, jaga kesehatan diri dan lingkungan. Dan bagi bagi warga desa yang belum vaksin agar segera divaksin karena kita masih dalam masa Pandemi Covid-19. (*)

Foto Berita
Masuk Kantor Desa Senga Selatan Harus Scan QR Code PeduliLindungi, Apa Manfaatnya?

03 Februari 2022

Sebagai langkah penerapan disiplin protokol kesehatan (prokes), Pemerintah Desa Senga Selatan telah menerapkan ketentuan scan Quick Response (QR) Code menggunakan aplikasi PeduliLindungi dan dipasang di pintu atau akses masuk kantor.


Demikian disampaikan Penjabat Kepala Desa Senga Selatan, Anwar Amir diruang kerja Kepala Desa Senga Selatan usai melakukan uji coba pemasangan banner QR Code Pedulilindungi.


Menurutnya ada beberapa manfaat yang diperoleh dengan diterapkannya mekanisme QR Code PeduliLindungi ini. Pertama, pihaknya dapat mengatur kepadatan maksimal pengunjung yang diperbolehkan masuk untuk mendukung penerapan prokes dan menekan penyebaran Covid-19.


"Aplikasi ini juga terkoneksi dengan data pemeriksaan Covid-19 dan vaksinasi nasional, sehingga bisa langsung diketahui status tiap individu yang berkunjung, cukup dengan memindai poster QR Code lewat aplikasi PeduliLindungi yang bisa diunduh di Playstore," terang Anwar.


Anwar pun menjelaskan bahwa terdapat 4 kategori yang akan muncul di gawai para pengunjung setelah memindai QR Code tersebut. Kategori ini diwakili dengan notifikasi warna hijau, kuning, merah dan hitam.


Warna hijau menandakan jika pengunjung sudah ikut vaksinasi tahap dua dan diperbolehkan masuk. Kuning artinya baru ikut vaksin pertama, diperbolehkan masuk setelah verifikasi lebih lanjut oleh petugas dan diwajibkan menjalankan prokes ketat. Lalu warna merah berarti belum vaksin atau terdata sebagai kontak erat sehingga tidak diperbolehkan masuk. Terakhir warna hitam yang artinya pengunjung tersebut terkonfirmasi positif Covid-19 dan tentu saja dilarang keras masuk ke ruangan.

Foto Berita
Anwar Amir Jabat Pj. Kepala Desa Senga Selatan

02 Februari 2022

Kepala Bidang Pengelolaan Informasi dan Komunikasi Publik, Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kabupaten Luwu, Anwar Amir resmi menjabat sebagai Penjabat Kepala Desa Senga Selatan. Hal tersebut tertuang dalam Keputusan Bupati Luwu Nomor 3/I/2022 tentang Pemberhentian Kepala Desa dan Pengangkatan Penjabat Kepala Desa Senga Selatan Kecamatan Belopa Kabupaten Luwu, tertanggal 3 Januari 2022. 


Anwar Amir menjabat sebagai Penjabat Kepala Desa Senga Selatan setelah Andi Muhammad Arfan Basmin mengundurkan diri dan menjadi Pengganti Antar Waktu Anggota DPRD Kabupaten Luwu sisa masa jabatan 2019-2024, yang dilantik resmi pada 22 Januari 2022. 


Selama menjabat sebagai Pj. Kepala Desa Senga Selatan, Anwar Amir menjalankan tugas, fungsi dan kewenangan dalam penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan dan pelayanan masyarakat sampai terpilih dan telah dilantik kepala desa pengganti antar waktu hasil pemilihan. 


Selain itu, juga bersama Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Senga Selatan mempersiapkan proses pelaksanaan pemilihan kepala desa PAW sesuai peraturan perundang-undangan. 


"Mohon do'a dan dukungan dari semua pihak, agar kami dapat menunaikan amanah pengabdian ini dengan sebaik-baiknya," ujar Anwar Amir saat ditemui di ruang kerjanya.

Foto Berita
Pemdes Senga Selatan Raih Predikat Badan Publik Desa Informatif

02 Februari 2022

Penerapan keterbukaan informasi publik pada Pemerintah Desa Senga Selatan  mendapat apresiasi dari Komisi Informasi Provinsi Sulawesi Selatan. Kali ini, Pemerintah Desa Senga Selatan meraih predikat tertinggi sebagai Badan Publik Desa Informatif.


Penghargaan tersebut diserahkan Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Selatan, Dr. Abdul Hayat Gani pada Penganugerahan Keterbukaan Informasi Publik Tahun 2021 yang diselenggarakan Komisi Informasi Provinsi Sulawesi Selatan sebagai puncak pelaksanaan Monitoring dan Evaluasi Keterbukaan Informasi Publik di The Rinra Hotel Makassar (Macora 2) Jl. Metro Tanjung Bunga, Rabu (15/12/2021).


Untuk diketahui, sebelum penganugerahan ini setiap badan publik yang menjadi peserta telah melalui tahapan pengisian Self Assesment Questionnaire (SAQ), kemudian melakukan presentasi dihadapan Komisioner KI Prov. Sulawesi Selatan dan juga visitasi Badan Publik.

Foto Berita
Publikasi APB Desa Senga Selatan

29 September 2021

Salah satu bentuk transparansi penggunaan anggaran kepada masyarakat Desa Senga Selatan, Kecamatan Belopa Kabupaten Luwu dalam bentuk Baliho Realisasi APBDesa TA. 2020 dan Baliho APBDesa TA. 2021.

Foto Berita
Basmin Tinjau Wisata Vaksin Desa Senga Selatan

10 September 2021

Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Luwu terus melakukan percepatan vaksinasi. Salah satu langkah yang diambil melalui program vaksin proaktif desa prioritas yang kali ini dilaksanakan di Desa Senga Selatan, Kec. Belopa, Rabu (25/08/2021). Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Kab. Luwu, Dr. H. Basmin Mattayang yang hadir memantau jalannya vaksinasi, mengapresiasi antusias warga yang hadir untuk divaksin.

“Vaksinasi ini menjadi ikhtiar kita dalam menghadapi pandemi Covid-19, semoga pandemi ini lekas berakhir,” ujar Basmin usai memantau jalannya vaksinasi.

Kepala Desa Senga Selatan, Andi Arfan Basmin mengatakan vaksinasi ini dikemas dalam kegiatan Wisata Vaksin Senga Selatan, dimana masyarakat yang akan divaksin merasa nyaman dalam menunggu antrian.

“Total hari ini sebanyak 269 warga divaksini yang terbagi 209 orang vaksin pertama dan 60 orang vaksin kedua,” ungkap Arfan.

Ia juga menambahkan bahwa sebanyak 47 orang ditolak saat proses skrining vaksinasi covid-19 dan diharus menetralkan kondisi terlebih dahulu.

Fokus vaksinasi yang dilakukan Tim Satgas Covid-19 Kabupaten Luwu menargetkan 80 % warga Desa Senga Selatan divaksin agar terbentuk Herd Immunity (Kekebalan Kelompok).

Sumber: http://mediacenter.luwukab.go.id/basmin-tinjau-wisata-vaksin-desa-senga-selatan/