Foto Berita
Kunjungan Tim Digides ke Desa Senga Selatan

24 September 2020

Hari senin tim digides melakukan kunjungan untuk sosialisasi digides 

Foto Berita
Bersama KWT Desa Senga Selatan, Bupatu dan Ketua TP-PKK Lakukan Panen Raya Perdana

23 September 2020

Source: Belopa, InfoPublik – Gerakan menanam sayuran di desa Senga Selatan akhirnya membuahkan hasil. Hanya berselang tiga minggu setelah ditanam, sayuran Kangkung dan bayam siap dipanen.

Bersama dengan Kelompok wanita Tani serta Kelompok Dasa Wisma, Bupati Luwu, H Basmin Mattayang dan Ketua TP-PKK Kabupaten Luwu, Hj Hayarna Basmin melakukan panen perdana sayuran di kebun desa Senga Selatan Kecamatan Belopa, Minggu (19/1/2020)

Mendampingi Ketua TP-PKK Kabupaten Luwu melakukan panen perdana, Bupati Luwu, H Basmin Mattayang mengatakan bahwa panen perdana ini sebagai bukti bahwa gerakan menanam sayuran yang akan dilakukan secara serentak akan membawa manfaat bagi masyarakat kabupaten Luwu.

Panen perdana ini merupakan bukti bahwa gerakan menanam sayuran yang akan kita galakkan mulai tahun 2020 ini akan membuahkan hasil dan akan membawa manfaat besar bagi masyarakat.

"Karena selain sayuran ini bisa dikonsumsi sendiri oleh masyarakat, manfaat yang lain adalah dapat menambah sumber penghasilan keluarga,” kata H Basmin Mattayang

Sementara Itu, Ketua TP-PKK Kabupaten Luwu mengatakan bahwa tidak ada alasan bagi masyarakat untuk tidak ikut berpartisipasi dalam gerakan menanam sayuran.

Menanam sayuran bagi masyarakat itu penting, karena selain untuk memenuhi gizi keluarga, sayuran ini dapat menjadi mata pencaharian keluarga.

"Jika kita tidak memiliki lahan atau kebun, pekarangan rumahpun bisa di manfaatkan untuk menanam sayuran,” kata Hj. Hayarna Basmin

Menurut Ketua TP-PKK Kabupaten Luwu, ada dua macam cara untuk menanam,

Ada model tanaman konvensional dilakukan di lahan atau kebun yang luas, dan ada yang melalui system vertikultur (dikembangkan di halaman yang sempit) dengan jenis tanaman sayuran seperti bayam, sawi, kangkung, dan terong. (MC Kab Luwu/Asrul/toeb)


Foto Berita
Senga Selatan yang Dikenang

23 September 2020

Source berita dari BelopaInfo – Luwu. Selasa (11/08/2020). 

Desa Senga Selatan yang dulunya masih disebut Senga berasal dari kata “senge” yang artinya desa yang dikenang sepanjang masa sebab pada zaman dahulu di desa tersebut terjadi perang antara Cilellang dengan Senge.

Pada waktu itu, dipimpin oleh salah seorang bangsawan dari Tanah Bugis Saktimandraguna yang bernama Arung Palenna. Kemudian saat itu, pasukan Kerajaan Cilellang dapat terkalahkan oleh kesaktian Arung Palenna dan muncullah kata senge (masengareng).

Lahirnya Desa Senga Selatan merupakan hasil pemekaran dari Desa Senga. Desa Senga Selatan terbentuk pada tahun 1999 yang terdiri dari 4 (empat) Dusun, yaitu, Dusun Labulawang, Kalobang, Tadette dan Walenna.

Pada saat itu, Desa Senga Selatan yang dibawa kepemimpinan M. Jufri dengan masa jabatan selama 2 (dua) periode. Dalam masa jabatan M. Jufri, maka dimekarkanlah 1 (satu) Dusun yakni Dusun Labulawang pada tahun 2000.

Setelah masa jabatan M. Jufri berakhir, maka digantikan oleh Ishak Ibrahim dengan masa jabatan dari tahun 2008-2013. Dalam masa jabatan Ishak Ibrahim terbentuk lagi dua dusun yakni, Dusun Walenna Barat dan Dusun Walenna Timur yang dimekarkan pada tahun 2009.

Pada tahun 2013 masa jabatan Ishak Ibrahim berakhir dan digantikan oleh Abdul Samad dan kemudian berakhir pada awal September 2013 karena maju pemilihan legislatif Kabupaten Luwu.

Di dalam masa jabatannya (Abdul Samad), Desa Senga Selatan yang terbentuk dari 6 (enam) dusun yang kemudian disahkan menjadi 6 (enam) Dusun definitif, yaitu Dusun Mangaliali, Labulawang, Kalobang, Tadette, Walenna Barat dan Dusun Walenna Timur.

Selanjutnya, Pada awal September tahun 2018, Desa Senga Selatan dipimpin oleh pejabat sementara yaitu Camat Belopa Johan Daido, S.Sos, M.Si hingga Juni 2019. Dan dilanjutkan oleh Agussalim, S.Sos pada awal Juni hingga Oktober 2019.


Kemudian pada tanggal 18 September 2019, telah diadakan pesta demokrasi pemilihan kepala desa serentak se-Kabupaten Luwu, di mana hasil dari pemilihan tersebut Andi Muhammad Arfan Basmin, SH terpilih sebagai Kepala Desa Senga Selatan periode 2019-2025.

Sementara itu, letak wilayah Desa Senga Selatan menempati bagian Timur dari Kantor Pemerintahan Kabupaten Luwu dan bagian selatan dari Kabupaten Luwu, dengan letak astronomis pada posisi -3.431968 Lintang Selatan dan 120.384025 Bujur Timur. Jarak dari Ibu Kota Provinsi yakni Makassar 313 km.

Batas wilayah Desa Senga Selatan adalah, sebelah Utara berbatasan dengan Kelurahan Senga, sebelah Timur berbatasan dengan Teluk Bone, sebelah Selatan berbatasan dengan Desa Kasiwiang, sebelah Barat berbatasan dengan Desa Pasamai.

Luas wilayah Desa Senga Selatan kurang lebih 11,20 Km². Kondisi geologis wilayah Desa Senga Selatan bervariasi atas relief kasar dan dataran rendah. Lapisan tanah terdiri atas batuan sedimen yang terbentuk atas batu pasir tufaan, batu pasir bersusun andesit, batu lempung, batu lanal, konglomerat dan breksi.

Selain itu, jumlah penduduk Desa Senga Selatan berdasarkan profil desa tahun 2019 sebanyak 3404 jiwa yang terdiri dari 1715 laki-laki dan 1689 perempuan. Desa Senga Selatan terletak di pusat Ibu Kota Kabupaten Luwu.

Sebagian dari penduduk bekerja sebagai petani/tambak dan sebagiannya lagi bekerja sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS). Desa Senga Selatan juga merupakan kota jasa (buruh) yang sebagian menjadi tumpuan hidup penduduknya.

Reporter : YSF
Editor. : AS

Foto Berita
Desa Senga Selatan Juara Lomba Desa Tangguh dan Desa Sehat Tingkat Kabupaten

23 September 2020

Source: Belopa Info – Luwu. Senin(29/06/2020).

Adanya kerjasama untuk membangun desa dan mengharumkan nama baik kampung halaman, serta kolaborasi antara Pemerintah Desa dan Masyarakat, Desa Senga Selatan kembali menjuarai lomba Desa Tangguh dan Desa Sehat tingkat kabupaten.

Kepala Desa Senga Selatan Andi Muhammad Arfan Basmin sangat berterimakasih kepada semua elemen masyarakat yang sudah berkolaborasi dengan pemerintah desa dalam upaya mengharumkan nama baik desanya.

“Saya ucapkan terima kasih kepada ibu-ibu PKK Desa Senga Selatan, para tokoh masyarakat, para pemuda, staf dan aparat desa serta kepada rekan-rekan BPD Desa Senga Selatan yang tak henti-hentinyanya memberikan semangat dan berpartisipasi dalam kegiatan Desa Senga Selatan,” ucap Arfan.

Kades Senga Selatan (tengah) Andi Arfan Basmin dan aparat desa

Di sisi lain, Arfan juga menuturkan bahwa pencapaian yang mereka raih adalah berkat partisipasti semua pihak dalam mengikuti semua tahapan hingga menentukan Desa Senga Selatan terpilih sebagai juara Desa Sehat se-Kabupaten Luwu dan juara Desa Tangguh tingkat Kabupaten.

“Alhamdulilah saya sangat terharu melihat hasil kolaborasi di Desa Senga Selatan dengan hasil yang sangat memuaskan. Mereka bekerja siang malam tanpa menghiraukan lelah. Mereka hanya ingin membawa harum kampung halaman dan alhamdulilah semuanya terbayarkan dengan dua kemenangan yang kami raih,” tutup Arfan.

Reporter : YSF
Editor. : AS