Senga Selatan yang Dikenang

23 September 2020

Foto Berita

Source berita dari BelopaInfo – Luwu. Selasa (11/08/2020). 

Desa Senga Selatan yang dulunya masih disebut Senga berasal dari kata “senge” yang artinya desa yang dikenang sepanjang masa sebab pada zaman dahulu di desa tersebut terjadi perang antara Cilellang dengan Senge.

Pada waktu itu, dipimpin oleh salah seorang bangsawan dari Tanah Bugis Saktimandraguna yang bernama Arung Palenna. Kemudian saat itu, pasukan Kerajaan Cilellang dapat terkalahkan oleh kesaktian Arung Palenna dan muncullah kata senge (masengareng).

Lahirnya Desa Senga Selatan merupakan hasil pemekaran dari Desa Senga. Desa Senga Selatan terbentuk pada tahun 1999 yang terdiri dari 4 (empat) Dusun, yaitu, Dusun Labulawang, Kalobang, Tadette dan Walenna.

Pada saat itu, Desa Senga Selatan yang dibawa kepemimpinan M. Jufri dengan masa jabatan selama 2 (dua) periode. Dalam masa jabatan M. Jufri, maka dimekarkanlah 1 (satu) Dusun yakni Dusun Labulawang pada tahun 2000.

Baca Juga :  Cerita Umat Kristiani Peringati Kenaikan Isa Al Masih di Paccerakang

Setelah masa jabatan M. Jufri berakhir, maka digantikan oleh Ishak Ibrahim dengan masa jabatan dari tahun 2008-2013. Dalam masa jabatan Ishak Ibrahim terbentuk lagi dua dusun yakni, Dusun Walenna Barat dan Dusun Walenna Timur yang dimekarkan pada tahun 2009.

Pada tahun 2013 masa jabatan Ishak Ibrahim berakhir dan digantikan oleh Abdul Samad dan kemudian berakhir pada awal September 2013 karena maju pemilihan legislatif Kabupaten Luwu.

Di dalam masa jabatannya (Abdul Samad), Desa Senga Selatan yang terbentuk dari 6 (enam) dusun yang kemudian disahkan menjadi 6 (enam) Dusun definitif, yaitu Dusun Mangaliali, Labulawang, Kalobang, Tadette, Walenna Barat dan Dusun Walenna Timur.

Selanjutnya, Pada awal September tahun 2018, Desa Senga Selatan dipimpin oleh pejabat sementara yaitu Camat Belopa Johan Daido, S.Sos, M.Si hingga Juni 2019. Dan dilanjutkan oleh Agussalim, S.Sos pada awal Juni hingga Oktober 2019.


Kemudian pada tanggal 18 September 2019, telah diadakan pesta demokrasi pemilihan kepala desa serentak se-Kabupaten Luwu, di mana hasil dari pemilihan tersebut Andi Muhammad Arfan Basmin, SH terpilih sebagai Kepala Desa Senga Selatan periode 2019-2025.

Sementara itu, letak wilayah Desa Senga Selatan menempati bagian Timur dari Kantor Pemerintahan Kabupaten Luwu dan bagian selatan dari Kabupaten Luwu, dengan letak astronomis pada posisi -3.431968 Lintang Selatan dan 120.384025 Bujur Timur. Jarak dari Ibu Kota Provinsi yakni Makassar 313 km.

Batas wilayah Desa Senga Selatan adalah, sebelah Utara berbatasan dengan Kelurahan Senga, sebelah Timur berbatasan dengan Teluk Bone, sebelah Selatan berbatasan dengan Desa Kasiwiang, sebelah Barat berbatasan dengan Desa Pasamai.

Luas wilayah Desa Senga Selatan kurang lebih 11,20 Km². Kondisi geologis wilayah Desa Senga Selatan bervariasi atas relief kasar dan dataran rendah. Lapisan tanah terdiri atas batuan sedimen yang terbentuk atas batu pasir tufaan, batu pasir bersusun andesit, batu lempung, batu lanal, konglomerat dan breksi.

Selain itu, jumlah penduduk Desa Senga Selatan berdasarkan profil desa tahun 2019 sebanyak 3404 jiwa yang terdiri dari 1715 laki-laki dan 1689 perempuan. Desa Senga Selatan terletak di pusat Ibu Kota Kabupaten Luwu.

Sebagian dari penduduk bekerja sebagai petani/tambak dan sebagiannya lagi bekerja sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS). Desa Senga Selatan juga merupakan kota jasa (buruh) yang sebagian menjadi tumpuan hidup penduduknya.

Reporter : YSF
Editor. : AS

Berita Terkait

Foto Berita
Pemdes Senga Selatan Salurkan BLT DD Triwulan ke III Kepada 121 Penerima

15 Agustus 2022

Belopainfo — Pemerintah Desa Senga Selatan melakukan penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) Triwulan III bulan Juli—Agustus Tahun Anggaran 2022. Penyaluran tersebut diberikan kepada 121 Keluarga Penerima Manfaat di Kantor Desa Senga Selatan. Kamis (04/08/22).

Adapun kegiatan ini dihadiri oleh Kapolsek Belopa, Sekcam Belopa, Pendamping Desa Kecamatan Belopa, Babinsa Desa Senga Selatan, Perangkat Desa Senga Selatan dan Keluarga Penerima Manfaat Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD).

Sekretaris Camat Belopa, Agus Salim berharap BLT DD triwulan yang disalurkan dapat dimanfaatkan oleh penerima manfaat dengan baik, sebab bantuan BLT DD untuk memberikan kemudahan pada masyarakat selama masa pandemi Covid-19.

“Semoga BLT DD triwulan ke III ini dapat dimanfaatkan dengan baik, untuk memenuhi kebutuhan pokok atau bisa juga sebagai moda usaha kecil-kecilan agar dapat bermanfaat,” imbuhnya.

Sementara itu Penjabat Pelaksana Kepala Desa Senga Selatan Anwar Amir juga mengingatkan kepada masyarakat penerima manfaat bahwa penyaluran BLT DD akan berakhir di tahun 2022.

“Bantuan BLT itu hanya diperuntikkan di masa pandemi saja, jika 2023 sudah tidak ada lagi Covid-19, bantuan BLT juga sudah tidak disalurkan lagi, jadi bagi yang menerima manfaat hari ini gunakan bantuan sebagaimana mestinya,” ujarnya.

Foto Berita
Pemdes Senga Selatan Gelar Musdes II, Pembahasan RKPDesa Berbasis SGDs Desa Tahun 2023

15 Agustus 2022

Belopainfo — Pemerintah Desa Senga Selatan menggelar Musyawarah Desa (Musdes II) Pembahasan Rancangan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDesa) Berbasis SDGs Desa Senga Selatan Tahun 2023. Jumat (12/08/22).


Musdes digelar dikantor Desa Senga Selatan, Kecamatan Belopa. Membahas beberapa poin di antaranya, Pencermatan Pagu Indikatif dan Penyelarasan Program, Pencermatan Ulang Dokumen RPJMDesa, Penyusunan Rencana Kegiatan dan RAB.


Dalam Musdes tersebut turut hadir Sekretaris Camat Belopa, Agus Salim,  dalam sambutannya ia mengatakan bahwa dalam Musdes II, semua elemen kelembagaan desa harus memberikan data yang akurat mengenai usulan pembangunan yang akan dilakukan di tahun 2023 nantinya.


"Jadilah pelopor pembangunan desa yang profesional tidak hanya sekadar mengusulkan program berdasarkan kemauan, tatapi mengusulkan program berbasis data yang sesuai dengan kebutuhan desa yang harus menjadi prioritas,"imbuhnya.


Sementara itu, Pejabat Pelaksana Anwar Amir mengatakan dalam Musdes II ini, pengusulan program yang benar-benar prioritas untuk dilaksanakan di tahun 2023, begitupun dengan program yang sebelumnya tertunda agar di program ulang.


"Semoga hasil dari Musdes II nantinya dapat bermanfaat untuk kita semua, semoga pembangunan di Desa Kadong-Kadong dapat lebih baik kedepannya,"tutupnya.

Foto Berita
Dinas Ketahanan Pangan dan Pemdes Senga Selatan Lakukan Pelatihan Tematik P2L

21 Juli 2022

Belopainfo — Dalam upaya pemanfaatan pekarangan rumah, Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Luwu bekerjasama dengan Pemerintah Desa Senga Selatan memberikan Pelatihan Tematik Tahap I kepada kelompok tani yang ada di Desa Senga Selatan.

Kegiatan Pemberdayaan Masyarakat Dalam Rangka Penganekaragaman Konsumsi Pangan Berbasis Sumber Daya Lokal Melalui Pekarangan Pangan Lestari (P2L) Dak Non Fisik Tahun Anggaran 2022 pada Rabu, (20/07/22).

Pelatihan ini bertempat di Aula Kantor Desa Senga Selatan dan dihadiri oleh Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Penjabat Kepala Desa Senga Selatan, Pendamping Penyuluh, Perangkat Desa dan Kelompok Wanita Tani (KWT) Annabil, selain itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan didampingi oleh Sahrul Tewan Kabid Penganekaragaman dan Komsumsi Panen, Ruplin, Analisis Ketahanan pangan, Mutiara Hakim, Kasi Keamanan Pangan, dan Rahmawati Staf Dinas Ketahanan Pangan.

Kepala Dinas Ir. H. Zainal Said dalam sambutannya mengatakan, pelatihan ini untuk memberikan pemahaman kepada kelompok tani yang ada di Desa Senga Selatan untuk memanfaatkan pekarangan rumah secara efektif.

“Pelatihan kepada kelompok tani kita berikan bimbingan dalam mengolah lahan pekarangan rumah, mulai Pembibitan sampai pada penjualannya,” ujar H. Zainal Said.

Pemanfaatan pekarangan rumah sudah menjadi salah satu sasaran utama untuk meningkatkan prekonomian masyarakat desa, khususnya dalam pemenuhan kebutuhan pangan.

“Dengan adanya pelatihan ini kita berharap mampu memberikan perubahan kepada masyarakat agar dapat memaksimalkan pengelolaan lahan untuk mendapatkan hasil yang lebih baik dari sebelumnya,” harap Kadis Ketahanan Pangan.

Sementara itu, Pejabat Kepala Desa Senga Selatan Anwar Amir, juga berharap agar kelompok tani yang hadir dapat menyerap dengan baik apa yang disampaikan pada saat pelatihan agar dapat diimplementasikan di Desa Senga Selatan.

“Sebagai pemerintah desa kita harap yang terbaik, memberikan fasilitas berupa pelatihan agar masyarakat dapat mengolah lahan mereka untuk mendapatkan hasil yang terbaik pula,” tutup Pejabat Kepala Desa Senga Selatan Anwar Amir.

Penulis: Ysf