Logo

Desa Senga Selatan

Kabupaten Luwu

Home

Profil Desa

Infografis

Listing

IDM

Berita

Belanja

PPID

Rumah Adhyaksa Kejari Luwu Dideklarasikan di Desa Senga Selatan

10 Juni 2022
Ditulis oleh Administrator
Dilihat 83 kali

Belopainfo —— Kejaksaan Negeri Kabupaten Luwu bersama Pemerintah Kabupaten Luwu melakukan Deklarasi Pencanangan Rumah Adhyaksa Kejaksaan Negeri Luwu di Desa Senga Selatan, Kecamatan Belopa, Kamis (09/06/22).

Rumah Adhyaksa merupakan Program Nasional Kejaksaan Agung Republik Indonesia yang pada dasarnya dibentuk sebagai sarana masyarakat khususnya di Kabupaten Luwu dalam menyelesaikan masalah yang ada di masyarakat desa untuk dimusyawarahkan terlebih dahulu.

“Dasar filosofi penyebutan rumah agar dapat memberikan rasa nyaman, aman, untuk berkumpul dan mencari solusi dari berbagai permasalahan yang dialami oleh masyarakat. Melalui rumah adhyaksa ini, nantinya akan difungsikan untuk berbagai kegiatan yang mencangkup 3 bidang pada Kejaksaan Negeri Luwu, meliputi Bidang Intelejen, Bidang Perdata dan Tata Usaha Negara serta Tindak Pidana Umum,” jelas Kepala Kejaksaan Negeri Luwu, Andi Usama Harun,

Ada beberapa kegiatan yang dapat dilaksanakan nantinya, diantaranya, penyuluhan hukum dan penerangan hukum yang merupakan produk intelejen, difokuskan pada peningkatan kesadaran hukum masyarakat guna memberikan pengetahuan, pemahaman, serta meningkatkan kesadaran hukum masyarakat, sehingg tercipta masyarakat berhati nurani berbudaya dan cerdas hukum.

“Sementara dalam bidang perdata dan tata usaha negara, mencakup pelaksanaan penegakan hukum, bantuan hukum, pertimbangan hukum, dan tindakan hukum lain, serta pelayanan hukum yang dibingkai melalui pojok datun. Dalam rangka menghadirkan keadilan ditengah masyarakat Kejaksaan Agung Republik Indonesia memberikan ruang penyelesaian masalah dengan musyawarah mufakat sebelum masalahnya masuk dalam ranah penuntutan,” lanjut Andi Usama Harun.

Program Rumah Adhyaksa Kejari ini, sangat direspon oleh Bupati Luwu, Dr H Basmin Mattayang. Bupati mengapresiasi Kejari Luwu yang memperhatikan dan mau peduli terhadap masyarakat Kabupaten Luwu.

“Apa yang dilakukan Kejari Luwu merupakan instruksi dari atas, ini adalah hal yang sangat positif dan patut kita sambut baik dan kita syukuri karena mengingatkan kita untuk membangun dan mengembalikan tradisi pada masa lalu menjunjung tinggi budaya sipakatau dengan melibatkan seluruh elemen masyarakat khususnya para perangkat adat”, tutur H Basmin Mattayang.

Bupati juga menyampaikan bahwa program yang diluncurkan oleh Kejaksaan Agung yang diteruskan oleh Kejaksaan Negeri Luwu, sejalan dengan program KPK RI yakni Kick Off pembentukan Desa percontohan Desa Antikorupsi.

“Program ini erat kaitannya dengan program yang diluncurkan oleh KPK RI di Desa Pakkatto Kabupaten Gowa yang tujuannya sama yakni jika ada penyimpangan-penyimpangan di Desa maka persoalan itu diselesaikan terlebih dahulu secara musyawarah mufakat ditingkat desa. Tujuan dibuatnya rumah adiyaksa ini untuk membimbing masyarakat dan ini dibutuhkan partisipasi aktif dari Kepala desa, Kepala dusun, tokoh agama, tokoh masyarakat dan tokoh adat agar program Kejari ini dapat berjalan sesuai yang kita harapkan bersama,” tutup H Basmin Mattayang.

Sementara itu, Rumah Adhyaksa Kejaksaan Negeri Luwu ini bukan hanya di Desa Senga Selatan sebagai pusat Kecamatan Belopa, melainkan di 22 Kecamatan yang ada di Kabupaten Luwu akan terdapat Rumah Adhyaksa nantinya.

Penulis: Ysf

Bagikan:

Berita Terbaru

Berita Terbaru

Logo

Desa Senga Selatan

Kecamatan Belopa

Kabupaten Luwu

Provinsi Sulawesi Selatan

© 2024 Powered by PT Digital Desa Indonesia