Masuk Kantor Desa Senga Selatan Harus Scan QR Code PeduliLindungi, Apa Manfaatnya?

03 Februari 2022

Foto Berita

Sebagai langkah penerapan disiplin protokol kesehatan (prokes), Pemerintah Desa Senga Selatan telah menerapkan ketentuan scan Quick Response (QR) Code menggunakan aplikasi PeduliLindungi dan dipasang di pintu atau akses masuk kantor.


Demikian disampaikan Penjabat Kepala Desa Senga Selatan, Anwar Amir diruang kerja Kepala Desa Senga Selatan usai melakukan uji coba pemasangan banner QR Code Pedulilindungi.


Menurutnya ada beberapa manfaat yang diperoleh dengan diterapkannya mekanisme QR Code PeduliLindungi ini. Pertama, pihaknya dapat mengatur kepadatan maksimal pengunjung yang diperbolehkan masuk untuk mendukung penerapan prokes dan menekan penyebaran Covid-19.


"Aplikasi ini juga terkoneksi dengan data pemeriksaan Covid-19 dan vaksinasi nasional, sehingga bisa langsung diketahui status tiap individu yang berkunjung, cukup dengan memindai poster QR Code lewat aplikasi PeduliLindungi yang bisa diunduh di Playstore," terang Anwar.


Anwar pun menjelaskan bahwa terdapat 4 kategori yang akan muncul di gawai para pengunjung setelah memindai QR Code tersebut. Kategori ini diwakili dengan notifikasi warna hijau, kuning, merah dan hitam.


Warna hijau menandakan jika pengunjung sudah ikut vaksinasi tahap dua dan diperbolehkan masuk. Kuning artinya baru ikut vaksin pertama, diperbolehkan masuk setelah verifikasi lebih lanjut oleh petugas dan diwajibkan menjalankan prokes ketat. Lalu warna merah berarti belum vaksin atau terdata sebagai kontak erat sehingga tidak diperbolehkan masuk. Terakhir warna hitam yang artinya pengunjung tersebut terkonfirmasi positif Covid-19 dan tentu saja dilarang keras masuk ke ruangan.

Berita Terkait

Foto Berita
Pemdes Senga Selatan Salurkan BLT DD Triwulan ke III Kepada 121 Penerima

15 Agustus 2022

Belopainfo — Pemerintah Desa Senga Selatan melakukan penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) Triwulan III bulan Juli—Agustus Tahun Anggaran 2022. Penyaluran tersebut diberikan kepada 121 Keluarga Penerima Manfaat di Kantor Desa Senga Selatan. Kamis (04/08/22).

Adapun kegiatan ini dihadiri oleh Kapolsek Belopa, Sekcam Belopa, Pendamping Desa Kecamatan Belopa, Babinsa Desa Senga Selatan, Perangkat Desa Senga Selatan dan Keluarga Penerima Manfaat Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD).

Sekretaris Camat Belopa, Agus Salim berharap BLT DD triwulan yang disalurkan dapat dimanfaatkan oleh penerima manfaat dengan baik, sebab bantuan BLT DD untuk memberikan kemudahan pada masyarakat selama masa pandemi Covid-19.

“Semoga BLT DD triwulan ke III ini dapat dimanfaatkan dengan baik, untuk memenuhi kebutuhan pokok atau bisa juga sebagai moda usaha kecil-kecilan agar dapat bermanfaat,” imbuhnya.

Sementara itu Penjabat Pelaksana Kepala Desa Senga Selatan Anwar Amir juga mengingatkan kepada masyarakat penerima manfaat bahwa penyaluran BLT DD akan berakhir di tahun 2022.

“Bantuan BLT itu hanya diperuntikkan di masa pandemi saja, jika 2023 sudah tidak ada lagi Covid-19, bantuan BLT juga sudah tidak disalurkan lagi, jadi bagi yang menerima manfaat hari ini gunakan bantuan sebagaimana mestinya,” ujarnya.

Foto Berita
Pemdes Senga Selatan Gelar Musdes II, Pembahasan RKPDesa Berbasis SGDs Desa Tahun 2023

15 Agustus 2022

Belopainfo — Pemerintah Desa Senga Selatan menggelar Musyawarah Desa (Musdes II) Pembahasan Rancangan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDesa) Berbasis SDGs Desa Senga Selatan Tahun 2023. Jumat (12/08/22).


Musdes digelar dikantor Desa Senga Selatan, Kecamatan Belopa. Membahas beberapa poin di antaranya, Pencermatan Pagu Indikatif dan Penyelarasan Program, Pencermatan Ulang Dokumen RPJMDesa, Penyusunan Rencana Kegiatan dan RAB.


Dalam Musdes tersebut turut hadir Sekretaris Camat Belopa, Agus Salim,  dalam sambutannya ia mengatakan bahwa dalam Musdes II, semua elemen kelembagaan desa harus memberikan data yang akurat mengenai usulan pembangunan yang akan dilakukan di tahun 2023 nantinya.


"Jadilah pelopor pembangunan desa yang profesional tidak hanya sekadar mengusulkan program berdasarkan kemauan, tatapi mengusulkan program berbasis data yang sesuai dengan kebutuhan desa yang harus menjadi prioritas,"imbuhnya.


Sementara itu, Pejabat Pelaksana Anwar Amir mengatakan dalam Musdes II ini, pengusulan program yang benar-benar prioritas untuk dilaksanakan di tahun 2023, begitupun dengan program yang sebelumnya tertunda agar di program ulang.


"Semoga hasil dari Musdes II nantinya dapat bermanfaat untuk kita semua, semoga pembangunan di Desa Kadong-Kadong dapat lebih baik kedepannya,"tutupnya.

Foto Berita
Dinas Ketahanan Pangan dan Pemdes Senga Selatan Lakukan Pelatihan Tematik P2L

21 Juli 2022

Belopainfo — Dalam upaya pemanfaatan pekarangan rumah, Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Luwu bekerjasama dengan Pemerintah Desa Senga Selatan memberikan Pelatihan Tematik Tahap I kepada kelompok tani yang ada di Desa Senga Selatan.

Kegiatan Pemberdayaan Masyarakat Dalam Rangka Penganekaragaman Konsumsi Pangan Berbasis Sumber Daya Lokal Melalui Pekarangan Pangan Lestari (P2L) Dak Non Fisik Tahun Anggaran 2022 pada Rabu, (20/07/22).

Pelatihan ini bertempat di Aula Kantor Desa Senga Selatan dan dihadiri oleh Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Penjabat Kepala Desa Senga Selatan, Pendamping Penyuluh, Perangkat Desa dan Kelompok Wanita Tani (KWT) Annabil, selain itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan didampingi oleh Sahrul Tewan Kabid Penganekaragaman dan Komsumsi Panen, Ruplin, Analisis Ketahanan pangan, Mutiara Hakim, Kasi Keamanan Pangan, dan Rahmawati Staf Dinas Ketahanan Pangan.

Kepala Dinas Ir. H. Zainal Said dalam sambutannya mengatakan, pelatihan ini untuk memberikan pemahaman kepada kelompok tani yang ada di Desa Senga Selatan untuk memanfaatkan pekarangan rumah secara efektif.

“Pelatihan kepada kelompok tani kita berikan bimbingan dalam mengolah lahan pekarangan rumah, mulai Pembibitan sampai pada penjualannya,” ujar H. Zainal Said.

Pemanfaatan pekarangan rumah sudah menjadi salah satu sasaran utama untuk meningkatkan prekonomian masyarakat desa, khususnya dalam pemenuhan kebutuhan pangan.

“Dengan adanya pelatihan ini kita berharap mampu memberikan perubahan kepada masyarakat agar dapat memaksimalkan pengelolaan lahan untuk mendapatkan hasil yang lebih baik dari sebelumnya,” harap Kadis Ketahanan Pangan.

Sementara itu, Pejabat Kepala Desa Senga Selatan Anwar Amir, juga berharap agar kelompok tani yang hadir dapat menyerap dengan baik apa yang disampaikan pada saat pelatihan agar dapat diimplementasikan di Desa Senga Selatan.

“Sebagai pemerintah desa kita harap yang terbaik, memberikan fasilitas berupa pelatihan agar masyarakat dapat mengolah lahan mereka untuk mendapatkan hasil yang terbaik pula,” tutup Pejabat Kepala Desa Senga Selatan Anwar Amir.

Penulis: Ysf